Pages

Belanja Pemain, Barca Siapkan Rp 550 Miliar



Di tengah defisit anggaran, Barcelona tak mau hanya tinggal diam menyambut jendela bursa transfer awal musim yang dibuka per 1 Juli 2011. Barca mengumumkan, menyiapkan anggaran belanja maksimal 45 juta euro atau mencapai hampir Rp 550 miliar.

Wakil presiden untuk urusan keuangan Barca Javier Feus menambahkan, jumlah itu masih mungkin bertambah tergantung dari angka penjualan pemain yang menjadi hak prerogatif pelatih Pep Guardiola. “Jumlah 45 juta euro itu akan bertambah dari hasil penjualan pemain setelah musim kompetisi 2010-2011 ditutup,” ujar Faus, Rabu (8/6) malam waktu setempat.

Dengan diumumkannya bujet belanja pemain, Guardiola diharapkan bisa menambal beberapa lini yang memang diperlukan. Sedangkan ketika memutuskan menjual pemainnya, Barca akan sangat menghitung keuntungan dan kerugian yang didapat.

Strategi ekonomi Barca diberlakukan efektif untuk mengurangi defisit keuangan. Dari neraca tutup buku tahun lalu, Barca mengumumkan mengalami kerugian 83 juta euro atau satu triliun rupiah lebih. Jumlah ini terus ditekan tahun ini dan hingga semester pertama Barca merugi 21 juta euro (Rp 256,2 miliar) sebelum ditambahkan angka wajib pajak.

Faus juga memaparkan selama satu semester pertama tahun ini Barca mengalami lonjakan penerimaan menjadi 420 juta euro (Rp 5,1 triliun). Jumlah itu akan mengalami kenaikan berarti dari laga Piala Super Spanyol, melawan Real Madrid pada Agustus nanti, yang sekitar tiga juta euro (Rp 36,6 miliar). Sementara pengeluaran ditekan menjadi 441 juta euro (Rp 5,3 triliun) dari yang di periode yang sama tahun lalu sebesar 495 juta euro.

Pengetatan anggaran tidak terlepas dari penurunan jumlah utang sang juara Liga Champions dan La Liga tersebut. Utang kotor Barca mencapai 483 juta euro (Rp 5, 8 triliun) atau 364 juta euro (Rp 4,4 triliun) utang bersih. Jumlah itu jauh berkurang dari angka sebelumnya yang mencapai 532 juta euro (utang kotor) dan 431 (utang bersih).

Lalu, siapakah pemain pertama yang akan bergabung dengan Lionel Messi dan kawan-kawan di bursa transfer musim panas ini? Penyerang Villarreal Giuseppe Rossi digadang-gadang akan menjadi warga baru di Nou Camp. Barca juga memerlukan tambahan seorang centre-back mumpuni mengingat musim kemarin gelandang Javier Mascherano sering dimainkan bukan pada posisi ideal.(DIM/AFP)